Kunjungan PPMI Riyadh ke Pameran Buku Internasional di Riyadh

Ppmiriyadh.com – Bertepatan dengan hari libur tengah semester, dari tanggal 11 sampai 19 Maret, rombongan PPMI Riyadh bersama-sama mengunjungi Pameran Buku Internasional di pusat kota Riyadh (معرض الرياض الدولي للكتب) pada hari Kamis, 17 Maret 2016 M / 8 Jumadi Tsani 1437 H. Pameran yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya selama 10 hari di bulan Maret ini diikuti oleh 500 penerbit yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri Arab Saudi; diantaranya adalah negara-negara Teluk Arab dan beberapa negara di Benua Afrika, Asia, Eropa dan Amerika. Pameran ini dibuka pukul 10:00 WSA sampai pukul 22:00 WSA malam.

Para mahasiswa Indonesia dijemput di asrama setiap kampus, asrama Imam Muhammad bin Saud University dan asrama King Saud University. Bus selesai menjemput di asrama KSU dan berangkat pada pukul 09:30 WSA. Kemudai tiba di lokasi pameran pada pukul 10:00 WSA. Perjalanan kurang lebih memakan setengah jam menuju lokasi. Sampai dilokasi, mereka berpencar satu-sama lain dan mencari buku-buku yang mereka butuhkan lagi sulit ditemukan, baik untuk sekedar bacaan maupun sebagai bahan referensi dalam belajar. Karena pameran ini hanya terlaksana satu tahun sekali, ada diantara mahasiswa yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli buku-buku yang ada disana, karena pula akan banyak potongan harga dan bonus dari buku-buku yang ada di pameran tersebut.

Di pameran ini pula, terdapat salah satu karya mahasiswa lulusan S3 jurusan Aqidah di King Saud University yang bernama Ustadz Muhammad Thalib, Lc, MA. Karangannya yang diterjemahkan berjudul “Syiah Imamiyah di Indonesia dan Kesungguhan Ahlus Sunnah wal Jamaah Dalam Menghadapinya” ini adalah salah satu risalah magister beliau yang berhasil di terbitkan di penerbit Al-Bayan, di kota Riyadh, Arab Saudi. Mudah-mudahan kedepan makin banyak karya anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar negeri.

20160317135630

Aktivitas para mahasiswa berhenti ketika waktu shalat zhuhur tiba. Selesai shalat, rombongan PPMI Riyadh ini kembali berkumpul di satu titik dan pulang ke kampus masing-masing pada pukul 13:00 WSA, menggunakan bis jemputan yang sebelumnya, dan diantar menuju asrama kampus masing-masing dengan membawa hasil “hunting” buku di pameran tersebut.

Reportase: Byan Aqila Ramadhan
(PPMI Riyadh/Departemen Hubungan Masyarakat)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: