PPMI Arab Saudi Menyelenggarakan Musyawarah Besar Dan Pemilihan Ketua Baru

PPMIRIYADH.COM, MEKKAH – Bertempat di Sekolah Indonesia Mekkah, Kamis, 9 Rajab 1438 H/6 April 2017 M, PPMI Arab Saudi menyelenggarakan acara 2 tahunan Musyawarah Besar PPMI Arab Saudi tahun 2017 yang terdiri dari Pembacaan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PPMI Arab Saudi 2015-2017, Amandemen AD/ART PPMI Arab Saudi serta Pemilihan Dewan Syura dan Ketua Umum PPMI Arab Saudi Periode 2017-2019.

Acara yang dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, Bpk. Dr. Basuni Imamuddin, SS, MA, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, Bpk. Umar Badarsyah, serta Kepala Sekolah Indonesia Makkah, Bpk. Ir. Sinsin Rosyidin. Musyawarah Besar ini juga dihadiri oleh Pengurus PPMI Arab Saudi 2015-2017 serta Perwakilan dari 8 PPMI Cabang se-Arab Saudi, yaitu PPMI Makkah, PPMI Madinah, PPMI Riyadh, PPMI Jeddah, PPMI Dhahran, PPMI Qassim, PPMI Jazan dan PPMI Majmaah, serta Perwakilan OSIS dari SIM (Sekolah Indonesia Makkah).

Pembukaan Musyawarah Besar yang dipandu oleh MC Sdr. Yusuf Hamdani dari PPMI Makkah diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Maliki, Siswa di Sekolah Indonesia Mekkah. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, diawali sambutan Ketua Panitia, Sdr. Yusuf Nur Alam dari PPMI Makkah, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2015-2017, Sdr. Imam Khairul Annas, kemudian sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh. Sambutan yang terakhir dari tuan rumah, Kepala Sekolah Indonesia Mekkah.

Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2015-2017 menyampaikan progres PPMI selama 2 tahun kepengurusan, diantaranya adalah peresmian 3 PPMI Cabang baru (PPMI Qassim, PPMI Jazan dan PPMI Majmaah) serta berbagai program kerja lainnya. Atdikbud KBRI Riyadh menyampaikan apresiasi Pengurus PPMI Arab Saudi 2015-2017, “Bergerak, bergerak, bergerak, bergerak, hingga puncaknya pada kemarin, yaitu Simposium PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika 2017 di Madinah”, ujar Dr. Basuni. “Pengurus PPMI kedepan ini punya kesempatan, (SIM) ini sudah punya gedung, semoga lebih bisa dimanfaatkan rakyat Indonesia di Arab Saudi, terutama pelajar dan mahasiswa”, tutur Ir. Sinsin.

Acara selanjutnya adalah Pembacaan Tata Tertib oleh Dewan Presidium Sidang Sementara, Sdr. Mubarok Ainul Yaqin (Anggota Dewan Syura PPMI Arab Saudi), Sdr. Ardian Kamal Bakhtiar (Ketua PPMI Riyadh) dan Sdr. Rama Rizana (Anggota Dewan Syura PPMI Arab Saudi). Setelah itu, Pembacaan LPJ Pengurus Pusat PPMI Arab Saudi 2015-2017 oleh Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2015-2017, Sdr. Imam Khairul Annas, yang dilanjutkan dengan tanya jawab oleh para peserta Musyawarah Besar PPMI Arab Saudi.

Tepat pada pukul 12.30 WAS, Dewan Presidium menerima LPJ PPMI Arab Saudi 2015-2017, kemudian istirahat para peserta untuk menunaikan salat dzuhur dan makan siang. Setelah makan siang, pembahasan AD/ART PPMI Arab Saudi, dimana para peserta memberikan ide dan gagasan kepada Presidium Sidang, yang tentunya bertujuan untuk memajukan organisasi.

Setelah itu, Pemilihan Dewan Syura PPMI Arab Saudi Periode 2017-2019, 5 dari 8 PPMI Cabang mengajukan anggotanya sebagai Dewan Syura, yang akhirnya terpilih 5 Dewan Syura PPMI Arab Saudi Periode 2017-2019, Sdr. Mubarok Ainul Yaqin dari PPMI Makkah, Sdr. Iqbal Gunawan dari PPMI Madinah, Sdr. Rama Rizana dari PPMI Dhahran, Sdr. Ardian Kamal Bakhtiar dari PPMI Riyadh dan Sdr. Herika Muhammad Taki dari PPMI Jeddah.

Setelah terpilih Dewan Syura PPMI Arab Saudi Periode 2017-2019, berlanjut ke acara yang paling ditunggu-tunggu oleh Peserta Musyawarah Besar, yaitu pemilihan Ketua Umum PPMI Arab Saudi Periode 2015-2017. 3 PPMI Cabang mengajukan calonnya untuk maju sebagai Ketua Umum PPMI Arab Saudi Periode 2017-2019, kemudian 1 calon berasal dari usulan peserta Mubes, sehingga ada 4 calon Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2017-2019.

Keempat kandidat menyampaikan visi-misi apabila terpilih sebagai Ketua Umum, dilanjutkan fit and proper test, berupa menjawab pertanyaan para peserta Musyawarah Besar. Setelah itu, keempat kandidat dibawa ke ruangan lain agar tidak mendengarkan musyawarah para peserta mubes. Alhamdulillah, dari hasil musyawarah ini, terpilihlah Sdr. Byan Aqila Ramadhan sebagai Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2017-2019.

Selamat kepada Sdr. Byan atas amanah ini, semoga senantiasa Allah melimpahkan taufiq, kemudahan, kelancaran selama kepengurusan, serta PPMI Arab Saudi kedepannya lebih maju dan memberikan manfaat untuk para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Arab Saudi, serta untuk Indonesia dan Dunia, Salam Perhimpunan! (Red, imam / Ed, pw)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: