Prosedur Pendaftaran S1 Di King Saud University, Riyadh

Oleh : Byan Aqila Ramadhan (mahasiswa S1 jurusan Dirasat Islamiyah, King Saud University – Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2017/2019)

PPMIRIYADH.COM – Menjelang akhir semester genap, banyak di kalangan pelajar tingkat sekolah menengah keatas dan sederajatnya akan lulus dan memasuki dunia perkuliahan. Mereka mulai mencari beragam informasi beasiswa kuliah S1. Baik di dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah informasi mengenai pendaftaran kuliah S1 di King Saud University, Riyadh, Arab Saudi. Banyak yang bertanya mengenai informasi tentang kampus terbesar di Arab Saudi ini.

Gambaran Umum
Setiap tempat dimanapun seseorang kuliah, memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri yang berbeda-beda. Baik itu didalam maupun diluar negeri. Dan semua hal tersebut sejatinya adalah topik lain ketika kita membahasnya. Kelebihan bukanlah menjadi acuan utama, sehingga kita melupakan orientasi dari kuliah itu sendiri. Berapa banyak orang yang tertarik akan kelebihannya namun sangat minim akan urusan orientasi utamanya.

Kuliah di Arab Saudi memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan. Diantaranya adalah adanya kesempatan haji, umroh dan ziarah kota Madinah yang lebih mudah dan bisa laksanakan sesuai waktu yang kita inginkan. Khusus untuk ibadah haji, tidak seperti yang banyak orang katakan: “jika sudah tinggal di Arab Saudi maka ia bisa haji setiap tahun”. Karena pelaksanaan haji pun memiliki aturan tersendiri dan ketat. Tidak sembarang orang dan sembarang jalan kita melaksanakan ibadah tersebut.

Kelebihan lainnya adalah dekatnya kita dengan sumber-sumber ulama syariah asal Arab Saudi. Mereka memiliki jadwal-jadwal rutin kajian di masjid-masjid, dan kita bisa langsung mengikuti kajian mereka tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Bahkan mendapatkan kitab kajian-kajian tersebut secara gratis.

Arab Saudi adalah Negara yang menjadikan pendidikan sebagai hal yang utama – terlepas dari kelebihan dan kekurangan kualitasnya. Dan pendidikan adalah anggaran terbesar kedua bagi negara setelah militer. Oleh karena itu, seluruh lembaga pendidikan negeri di Arab Saudi adalah tanpa SPP alias gratis. Bahkan di tingkat perguruan tinggi, para mahasiswa diberi fasilitas-fasilitas yang cukup memadai dan uang saku selama mereka berkuliah.

Disisi lain, disamping harga kitab-kitab yang begitu mahal untuk didapatkan. Banyak yayasan-yayasan yang menyediakan dan membagikan kitab-kitab ulama secara gratis. Banyak mahasiswa jurusan-jurusan agama yang mencari banyak kitab dari beberapa lembaga ataupun yayasan yang ada. Masih banyak hal lain mengenai kelebihan berkuliah di Arab Saudi yang tidak bisa di ungkapkan satu-persatu.

Khusus Laki-Laki
Banyak yang bertanya tentang,
+ Bagaimana caranya agar perempuan/akhwat bisa berkuliah di Arab Saudi?
– Jawabannya adalah, perempuan harus memiliki mahram yang sudah tinggal di Arab Saudi terlebih dahulu. Dan mahram tidak bisa berangkat bersama atau belakangan dengan perempuannya. Dikecualikan kampus KAUST (King Abdullah University for Science and Technology), Jeddah. Kampus ini khusus S2 keatas. Tak mensyaratkan adanya mahram
+ Adakah cara lain?
– Sampai saat ini kami belum menemukan cara agar mahasiswi bisa berkuliah tanpa harus ada mahram disini. Mudah-mudahan kedepan muncul peluang agar mahasiswi bisa berkesempatan kuliah disini

King Saud University
Lebih lengkap gambaran seputar King Saud University bisa diakses melalui link-link berikut:
1. Website resmi KSU ksu.edu.sa
2. Website resmi Ma’had Lughah KSU https://ali.ksu.edu.sa/ar
3. Blog salah satu mahasiswa Indonesia di KSU https://sutrisnolink.wordpress.com/2013/10/23/%EF%BB%BFsekilas-tentang-kuliah-di-ksu/
4. Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Raja_Saud

Sampai saat ini jumlah mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di KSU kurang lebih berjumlah 45 orang. Baik yang tinggal di asrama maupun di luar asrama bersama istri dan anak-anaknya. Baik jurusan umum ataupun jurusan agama.

Proses Kuliah S1 di King Saud University
Kuliah S1 sebagai mahasiswa internasional di King Saud University tidak langsung masuk dan belajar dalam kuliah jurusan di fakultas. Khusus bagi mahasiswa non-Arab, ia harus menempuh pembelajaran terlebih dahulu di Ma’had Lughah (Institut Bahasa Arab) sebagai langkah persiapan bahasa sebelum memasuki kuliah jurusan. Minimal 1 tahun dan maksimal 2 tahun. Tergantung hasil tahdidul mustawa/placement test yang di lakukan setelah diterima di KSU. Ma’had Lughah bersifat wajib meskipun ia sudah sangat mahir berbahasa Arab. Disini mahasiswa asing akan mendapatkan mata kuliah seputar bahasa Arab seperti qowaid nahwu, keterampilan menulis (kitabah), keterampilan membaca (qiraah), keterampilan berbicara (syafawi), sastra (nushush adabiyyah) dan lain lain. Disini pula mahasiswa internasional dari berbagai negara akan saling bertemu satu sama lain. Oleh karena itu, pendaftaran tahap awal bagi yang ingin kuliah S1 di KSU adalah mendaftar sebagai mahasiswa Ma’had Lughah, pra-S1.

Setelah Ma’had Lughah, mahasiswa akan masuk ke tahun pertama S1 atau yang dinamakan dengan As-Sanah Al-Ula Al-Musytarokah/Common First Year atau Tahun Persiapan pra fakultas. Disini mahasiswa asing akan bertemu dengan para mahasiswa asal Arab Saudi. Karena disini adalah tahun pertama proses kuliah bagi mahasiswa Arab Saudi dan negara Arab lainnya. Di tahun pertama ini pula para mahasiswa akan mempelajari hal-hal umum seputar ilmu-ilmu alat dan dasar di dunia perkuliahan. Meskipun tak semua hal tersebut akan di gunakan tatkala masuk ke ranah fakultas. Seperti bahasa Inggris, matematika, statistika, kesehatan dan olahraga, keterampilan menyusun dan menulis makalah. Mahasiswa akan memilih diantara 2 Jurusan: Insani (sosial/humaniora) bagi yang nanti akan masuk ke jurusan-jurusan humaniora atau ‘Ilmi (sains) bagi mereka yang akan masuk ke jurusan-jurusan sains dan kedokteran.
*catatan: khusus mahasiswa asing yang ingin memasuki jurusan ‘ilmi (sains), diharuskan memiliki IPK minimal 5 skala 5, yang merupakan IPK tertinggi disini. Berbeda dengan di Indonesia.

Setelah As-Sanah Al-Ula Al-Musytarokah, barulah mahasiswa memasuki jenjang perkuliahan di fakultas. Dengan lama kuliah rata-rata 3 tahun. Sampai saat ini, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh dan telah menyelesaikan pendidikan S1 semuanya mengambil jurusan-jurusan Humaniora seperti Dirasat Islamiyyah, Dirasat Quraniyyah, ‘ilmu Nafs (Psikologi), Hubungan Internasional, dan Sastra Arab.

Lalu Apakah bisa mengambil jurusan-jurusan Sains dan Kedokteran?
Untuk jurusan Sains mahasiswa asing masih bisa, akan tetapi harus mendapatkan nilai IPK yang sepurna (5,00) untuk dapat melanjutkan ke jurusan-jurusan Sains. Dan khusus untuk jurusan kedokteran, mahasiswa asing tidak bisa masuk karena dikhususkan untuk mahasiswa Arab Saudi.

Persyaratan Pendaftaran Ma’had Lughah King Saud University
1. Lulus SMA/Sederajat dengan nilai rata-rata minimal 8 (Jayyid Jiddan/Very Good) dan ijazah tidak lebih dari 5 tahun
2. Sehat jasmani dan rohani.

Berkas yang diperlukan
Khusus pendaftaran berkas Ma’had Lughah pra-S1, berkas-berkas yang dibutuhkan adalah:
1. Paspor.
2. Ijasah yang sudah diterjemah ke bahasa Arab.
3. Transkip Nilai yang sudah diterjemah ke bahasa Arab dengan predikat minimal Very Good/Jayyid Jiddan atau dalam nilai rata-rata 8,0 keatas.
4. Pas Foto (Sesuaikan dengan format dan ukuran file yang diminta).
5. Curriculum Vitae (CV) *Opsional/tidak wajib.

+ Apakah harus menggunakan ijazah pemerintah (Kemenag/Kemendiknas)?
– Tidak harus, pilihlah ijazah yang nilainya lebih bagus untuk didaftarkan
+ Apakah perlu surat rekomendasi/tazkiyyah seperti di Universitas Islam Madinah?
– Tidak perlu, pendaftaran di KSU murni seleksi tanpa harus ada tazkiyah. Tazkiyah hanya diperlukan untuk program Lughah wa tathbiq atau I’dad Mu’allimin di Ma’had Lughah (setara diploma S2). Meskipun bisa jadi sewaktu-waktu ketentuan itu dapat berubah.

Cara Mendaftar Ma’had Lughah King Saud University
Untuk mengambil jurusan pada tingkat Strata 1 di King Saud University, Mahasiswa asing diwajibkan terlebih dahulu mendaftar ke Ma’had Lughah (Lembaga Bahasa Arab) sebelum melanjutkan studinya ke Common First Year (Sanah Ula Al-Musytarokah) dan Fakultas.

Persiapan
Siapkan seluruh berkas yang dibutuhkan dan telah di scan dalam satu folder agar memudahkan pengisian formulir saat pendaftaran online.
a. File hasil scan yang dibutuhkan nantinya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. meliputi Ijasah, pasfoto (warna latar belakang bebas), paspor (tak perlu diterjemah), transkip nilai, dan CV/Sirah Dzatiyyah/Biodata diri (tidak wajib).
b. Siapkan file, minimal dalam format .jpeg (gambar) atau .doc (microsoft word) atau .pdf.
c. Ukuran file yang telah disiapkan berkisar antara 200 kb s/d 2000 kb (2 MB). Kalau ukuran file tersebut kurang atau berlebih silahkan agar di edit terlebih dahulu. Akan tetapi nantinya pun bisa dicoba apakah dalam pengupluoad-an berkas berhasil atau tidak.

Membuat Akun dan Mengisi Formulir Pendaftaran Online
1. Masuklah ke website resmi untuk pendaftaran calon mahasiswa Ma’had Lughah KSU www.admit-ali.ksu.edu.sa
2. Buatlah akun dengan meng-klik tab New Admission

3. Masukkan data yang diminta (Tanggal akhir berlaku paspor, nomor paspor, jenis kelamin dan kode keamanan dalam kotak)

4. Isilah semua kolom formulir online sesuai dengan data yang benar.

Beberapa hal penting dalam pengisian pembuatan akun.
a. Password harus angka yang memuat 4-10 digit. Jangan memasukan huruf.
b. Gunakan EMAIL pendaftaran dengan email milik kita yang kita gunakan. Email tersebut jangan sampai hilang/diganti. Karena para pendaftar yang diterima akan dikirimkan Isy’ar Qabul (Surat Resmi Diterima) melalui email yang didaftarkan. Pengalaman dari tahun sebelumnya bahwa pernah ada yang diterima dari Indonesia akan tetapi tapi tidak ada informasi lanjutan mengenai orang tersebut.
c. Apabila nama pribadi telah terdiri dari 3 kata, untuk nama ayah (father’s name), kakek (Granfather’s name) sesuaikan dengan nama pribadi. Jangan diisi oleh nama ayah atau nama kakek. Guna isian tersebut adalah penyempurnaan nama yang terdiri dari 3 kata.
Apabila nama terdiri dari 2 kata, maka silahkan masukan nama ayah dalam kolom nama kakek.
Apabila nama terdiri dari 1 kata saja, maka silahkan masukan nama ayah dan nama kakek dalam kolom-kolom yang berkaitan.
Apabila nama LEBIH dari 3 kata, maka silahkan gabung 2 kata atau lebih dalam first name (nama awal) atau last name (nama akhir).
Pada intinya adalah semua kolom tersebut diisi dengan nama kita atau ditambahkan dengan nama ayah dan kakek. Karena pada umumnya warga Saudi menamakan anaknya hanya satu nama, lalu nama kedua adalah nama ayah dan nama yang ketiga adalah nama kakek. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan tidak menamakan/mengkaitkan nama anaknya dengan nama ayah dan kakek secara langsung.
d. Untuk kode telepon negara diawali dengan angka 00 dan bukan tanda plus (+) (ex: 0062)
e. Cummulative GPA adalah nilai rata-rata yang ada pada transkip nilai. Masukan sesuai yang ada dalam transkip nilai. Pilih standar maksimal penilaian 100.

f. Upload berkas dalam kolom yang diminta. (usahakan agar berkas telah disiapkan sesuai dengan tata cara nomor 1 diatas)

g. Jika upload berhasil, maka tampilannya akan seperti berikut

Jika gagal, maka silahkan diedit terlebih dahulu. Atau scan ulang dengan mengatur format yang sesuai.
h. Lanjutkan pengisian sampai selesai. Teliti dan cek terlebih dahulu sebelum mengklik “New Submission”
i. Klik Submission.
5. Setelah berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Aktivasi Akun
6. Cek email yang tadi telah didaftarkan. Maka akan ada 2 buah email dari ksudar1@ksu.edu.sa

a. Email pertama adalah informasi login Number ID dan password

b. Email yang kedua adalah link untuk mengaktifasi akun. Silahkan klik click here

Maka akan dialihkan dan muncul tampilan seperti ini, klik here untuk masuk login pendaftaran ke akun kita:

Masukan username dan password sesuai dengan yang sebelumnya kita isi, jika lupa silahkan cek email kita yang berasal dari ksudar1@ksu.edu.sa

Melengkapi Student Hopes

1. Setelah login dan masuk ke dalam akun, klik list Diploma – Arabic Linguistics Institute – Diploma of proficiency in Arabic Non-Native Speakers (dilingkari) untuk memilih pengajuan, setelah itu akan muncul pengajuan yang kita pilih di sebelah kanan (dilingkari).

2. Lalu klik tab Save Hopes berwarna hijau yang berada di bagian bawah.
3. Setelah itu akan muncul tampilan berikut, lalu klik Agree

4. Setelah itu akan muncul laporan program studi kuliah yang kita ajukan seperti tampilan berikut:

Dengan adanya Students Hopes Report tersebut, pendaftaran sudah selesai dan tinggal menunggu waktu pengumuman apakah pendaftar diterima atau tidak.
5. Selanjutnya silahkan back untuk kembali ke tampilan akun sebelumnya.

Di situ terlihat ada 3 tab yang memiliki fungsi berbeda
1. Tab Student Details
Untuk melihat formulir yang telah kita isi sebelumnya. Dan masih bisa diperbaiki jika ada kekeliruan dalam pengisian.

2. Tab Student Preferences
Untuk melihat program yang telah kita pilih saat mendaftar.
3. Admission Procedures
Berkaitan dengan ketentuan penerimaan dalam Institut Bahasa Arab King Saud University

– Pengajuan tidak berarti penerimaan, tetapi bersaing untuk kursi yang tersedia.
– Pendaftaran akan ditutup pada 08/09/2018.
– Pelamar akan dinominasikan sesuai dengan kursi yang tersedia dan kriteria penerimaan.
– Untuk mengetahui hasil pendaftaran Anda, silakan akses akun Anda setelah tiga bulan pengajuan.
– Jika Anda dinominasikan dari universitas lain di Kerajaan Arab Saudi, King Saud University tidak akan dapat menominasikan Anda.
4. Change Password
Untuk merubah password akun kita

Contoh Isy’ar Qabul, (Surat Resmi diterima) melalui email

Pengumuman Kelulusan
Update saat ini, tidak ada kepastian waktu untuk saat ini bagi para pendaftar yang nantinya diterima. Karena terkait perubahan kondisi Kerajaan Arab Saudi yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang dalam satu tahun sudah muncul nama-nama yang diterima dari para pendaftar di tahun sebelumnya. Waktu pengumuman sekitar bulan Syawal ataupun setelahnya. Pihak PPMI Riyadh akan menginformasikan nama-nama tersebut melalui fanpage resmi dan official Instagram PPMI Riyadh dan PPMI Arab Saudi.

Selama satu tahun masa menunggu pengumuman, ada baiknya pendaftar bertawakkal kepada Allah, banyak berdoa dan memfokuskan diri untuk melakukan aktifitas-aktifitas kuliahnya selama di Indonesia atau di tempat lain. Karena tidak ada ketentuan khusus bagaimana pendaftar bisa diterima. Meskipun pendaftar memiliki nilai yang lebih sempurna dibandingkan nilai pendaftar yang lebih rendah untuk mendapat peluang jaminan diterima. Karena secara umum tidak ada yang baku dalam penerimaan mahasiswa di Arab Saudi.

Penutup
Sekian gambaran umum, persyaratan, dan proses pendaftaran untuk jenjang S1 di King Saud University, Riyadh. Prosedur ini adalah prosedur pendaftaran yang telah direvisi. Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberikan manfaat besar bagi kawan-kawan di Indonesia yang ingin menempuh pendidikan S1 di kampus terbesar di Arab Saudi ini.

Wallahu A’lam bisshawwab.

Sumber lama : https://byanaqila16.wordpress.com/2016/03/13/gambaran-umum-persyaratan-dan-prosedur-pendaftaran-s1-di-king-saud-university-riyadh/

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: