Tulis Tentang Politik Islam, Putera Indonesia Raih Gelar Master di King Saud University

Ppmiriyadh.com – Rabu (18/4), Faris Jihadi, mahasiswa S2 Jurusan Tafsir di King Saud University (KSU), menghadapi sidang tesis dihadapan para penguji yang berpengalaman di bidangnya. Sidang yang digelar pada pukul 09.00 – 11.00 waktu Arab Saudi ini dipimpin oleh DR. Shalih bin Nashir An Nashir, selaku pembimbing, dan Prof. Dr. Nashir bin Muhammad Al Mani’ serta Dr. Muhsin bin Hamid Al Muthiri, sebagai penguji.

Faris yang hafal Al Qur’an semenjak kecil ini memberi judul tesisnya “Al Istidlal Bil Ayat Al Qur’aniyyah fi Kutub As Siyasah Asy Syar’iyyah Dirosah Tahliliyyah”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Studi Analitis Penggunaan Dalil Ayat Al-Quran dalam Literatur Politik Islam (Siyasah Syariyyah)”.

Penelitian ilmiyah yang ditulis lebih dari 300 halaman ini dikritisi ketat oleh para penguji. Dalam pembukaan sidang, Faris memaparkan ayat-ayat yang terkait pembahasan siyasah syar’iyyah dengan detil. Selama dua jam, Faris dapat mempertahankan argumen dihadapan penguji.

Di akhir sidang, tim penguji memberikan keputusan bahwa Faris dinyatakan lulus. “Seandainya boleh memberikan nilai, maka kami memberikan nilai tesis ini cumlaude,” kata DR. Shalih, selaku pimpinan sidang. Bukan hanya pemberitahuan kelulusan, ketua tim penguji menyarankan agar karya ilmiyah ini dicetak dan disebarluaskan. “Karena bagusnya karya tulis ini, kami mewasiatkan agar karya tulis ini dapat dicetak dan disebarluaskan,” kata Syaikh Shalih.

Selamat kepada Ustadz Faris Jihadi, Lc, MA. Semoga Allah memberkahimu, dan ilmunya bermanfaat bagi diri, agama, dan bangsa. (Budi Marta)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: