Ujian KIR kendaraan atau Fahas di Saudi

Oleh: Sutrisno W. Ibrahim (PhD student and research assistant at Electrical Engineering Dept., King Saud University)

Ppmiriyadh.com – Alhamdulillah setelah beberapa kali bolak-balik akhirnya lulus ujian KIR kendaaraan di Riyadh, Saudi Arabia. Kalau di Saudi ujian KIR kendaaran sering diistilahkan dengan fahas atau MVPI.  Ujian KIR (fahas) di Saudi sangat ketat dan professional. Banyak sekali bagian kendaraan yang dicek dengan teliti mulai dari bodi kendaraan, lampu, rem, steering, emisi dll.

Sekedar sharing pengalaman, berikut ini sekilas urutan ujian KIR di kota Riyadh, Saudi Arabia.

  1. Sebelum ujian fahas usahkan kendaraan dicuci dahulu dan diperbaiki ke bengkel jika ada yang jelas-jelas rusak.
  2. Datang ke stasiun fahas lebih awal. Letaknya di jalan Dammam (koordinat lokasi : 24.821097, 46.783861). Buka Ahad-Kamis jam 7.00-16.00 dan Sabtu jam 7.00-14.00.
  3. Sesampai di stasiun fahas langsung ikut antrian mobil. Ada sekitar 9 jalur antrian (jalur pengecekan). Terus ikuti antrian sampai giliran anda untuk membayar biasaya ujian fahas di loket pembayaran.
  4. Sesampai di loket pembayaran serahkan: Iqoma (kartu ID) asli, istimarah asli dan uang pembayaran 73 SAR.
  5. Tunggu antrian sampai giliran kendaaran Anda untuk dicek. Anda akan diminta keluar mobil dan berjalan di lajur yang telah disediakan. Mobil akan dicek oleh penguji. Secara garis besar ada 4 tahap pengecekan:
  • Pengecekan visual (bodi kendaraan, lampu, kaca, dll)
  • Pengecekan rem dan steering
  • Pengecekan emisi
  • Pengecekan dari bawah kendaaran (mengecek ada kebocoran oli dll)
  1. Jika lulus semua pengecekan maka mobil anda akan diberi stiker fahas dan secara otomasis data fahas akan terupdate online (di kementrian dalam negeri Saudi).
  2. Jika gagal, ini hal biasa jadi jangan takut, maka Anda harus memperbaiki mobil Anda dulu kemudian dicek ulang. Biasa pengecekan ulang 24 SAR (Jika kurang dari 2 pekan dari pengecekan awal).
  3. Disekitar stasiun fahas ada banyak sekali bengkel. Anda tinggal pilih. Hampir semuanya menyediakan layanan jaminan sampai lulus fahas. Tetapi Anda harus hati-hati dan pandai-pandai menawar biaya perbaikan. Biasanya biaya dilambungkan sangat tinggi.

Sekedar tambahan referensi info tentang fahas dapat dibaca juga di: http://allaboutksa.com/riyadh/fahas-motor-vehicle-periodic-inspection/

Sekian semoga bermanfaat.  Maaf saya tulis dengan bahasa apa adanya dulu, semoga nanti bisa diupdate.

sumber: https://sutrisnolink.wordpress.com/2016/11/07/ujian-kir-kendaraan-atau-fahas-di-saudi/#more-768

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: