Yaumul Ilmi : Kajian Muqoddimah Tafsir Ibnu Katsir

Ppmiriyadh.com – Departemen Dakwah dan Pengkajian Islam PPMI Riyadh mengadakan kegiatan yaumul bekerja sama dengan Markaz Inayah. Acara yang diadakan sekali tiap semester ini mengusung tema “Kajian Muqoddimah Tafsir Ibnu Katsir”, dengan narasumber Ustadz Faris Jihady, Lc dan Ustadz Khoirun Nidzom, Lc. Keduanya adalah mahasiswa S2 King Saud University jurusan Tafsir.

Sambutan dari ketua PPMI Riyadh dan Atdikbud KBRI Riyadh, Achmad Ubaedillah, sekaligus membuka kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (10/3). Peserta yang turut hadir dari kalangan mahasiswa KSU dan Imam Saud University, terutama mereka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan dirasat islamiyah.

Memang adanya kegiatan yaumul ilmi ini selalu menarik minat para mahasiswa syariah untuk memperkaya wawasan keilmuan mereka. Dengan dipilihnya tema yang bagus dan pemateri yang ahli di bidangnya semakin membuat acara yaumul ilmi layak untuk dihadiri.

Tafsir Ibnu Katsir merupakan tafsir yang memiliki manfaat luar biasa banyaknya. Sebuah tafsir yang paling besar perhatiannya, terhadap manhaj tafsir yang benar, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Katsir sendiri dalam mukadimah yang disampaikannya, “Metode penafsiran yang paling benar, yaitu penafsiran al-Qur’an dengan al-Qur’an. Jika anda tidak dapat menafsirkan al-Qur’an dengan al-Qur’an, maka hendaklah anda menafsirkannya dengan hadits. Dan jika tidak menemukan penafsirannya di dalam al-Qur’an dan hadits, maka hendaklah merujuk pada pendapat para sahabat, karena mereka lebih mengetahui berdasarkan konteks dan kondisi yang hanya merekalah yang menyaksikannya, selain itu mereka juga memiliki pemahaman yang sempurna, pengetahuan yang benar, dan amal shalih. Namun jika tidak ditemukan juga, maka kebanyakan para imam merujuk kepada pendapat para tabi’in dan ulama sesudahnya.”

Semoga dengan dikajinya salah satu kitab tafsir terbesar ini membuat kita sedikit memahami tentang tafsir dan keilmuannya. Dan tentunya berharap kegiatan yaumul ilmi ini terus berlanjut dengan mengangkat tema yang berbeda dan menarik disetiap sesinya.

link foto https://www.facebook.com/pg/PPMI-Riyadh-240305082836450/photos/?tab=album&album_id=788642794669340

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: