YAUMUL ‘ILMI : Pembahasan Kitab Al Ahkam Sulthoniyyah (Telaah Politik Islam), Karya Imam Al-Mawardi

Ppmiriyadh.com – Sabtu pekan lalu, 12 November 2016, PPMI Riyadh bekerjasama dengan Markaz Inayah melaksanakan sebuah event Yaumul ‘Ilmi dengan topik bahasan “Telaah Politik Islam Kitab Al-Ahkam As-Sulthaniyyah, Karya Imam Al-Mawardi”. Diisi oleh dua orang narasumber yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu Ustadz Faris Jihady Hanifa, Lc. (Mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Tafsir Hadits, King Saud University) di sesi pertama dan Ustadz Syah Muhammad Riyadh, Lc. (Mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Politik Islam, Imam Muhammad University) di sesi kedua.

Bertempat di Istirahah Duyur di Dir’iyyah, acara ini dihadiri oleh para mahasiswa, siswa dan guru SIR, serta beberapa ekspatriat yang tergabung dalam komunitas Ahlan Riyadh. Hadir pula mahasiswa yang berasal dari Majma’ah Univesity, Riyadh dan Qassim University, Qassim. Acara berlangsung dari pukul 09:30 diselingi dengan makan siang bersama lalu berakhir pada pukul 16:30 WSA.

Sesi pertama yang diisi oleh Ustadz Faris menjelaskan tentang latar belakang dan isi secara umum kitab tersebut. Lalu dilanjutkan dengan sesi kedua membandingkan kitab tersebut dengan kitab-kitab lain yang berbicara seputar politik Islam. Dalam paparan yang disampaikan Ustadz Faris, Kitab Al-Ahkam Sulthaniyah ini adalah salah satu referensi yang digunakan dalam menulis tesis beliau. kitab ini pula adalah salah satu mata kuliah yang pernah dipelajari oleh Ustadz Syah.

Kitab ini adalah kitab yang ditulis di sisa-sisa umur Imam Mawardi yang terakhir pada masa Kekhalifahan Abbasiyah dengan tujuan menghimpun perkataan-perkataan ulama dalam urusan perpoilitikan yang mencoba menggabungkan antara idealita politik dan realita politik. Didalamnya terbagi menjadi dua tipe bahasan. Pertama, bahasan seputar Imamah (kepemimpinan), Wizarah (Kementrian/Pembantu Pimpinan Negara), dan Imaroh (Kepemimpinan dalam ruang lingkup terbatas). Kedua, bahasan seputar tata kelola negara.

Video kajian seputar telaah kitab ini akan di share di akun Youtube kami PPMI Riyadh dengan judul “Telaah Politik Islam Kitab Al-Ahkam Sulthaniyyah Karya Imam Al-Mawardi”.

(PPMI Riyadh/Departemen Dakwah)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: